Friday, July 21, 2017

Moriori in school


Here's a question for everybody involved in the education industry. I was contacted by MacKenzie Smith, who is studying Pacific journalism at AUT and writing an article about the treatment of Moriori history at Kiwi schools. For a long time many Kiwi kids were taught a mythical, nineteenth century version of Moriori history, in which Moriori were presented as the dark-skinned original inhabitants of New Zealand who were driven to the Chathams and then exterminated by Maori.

The myth of the Moriori as a pre-Maori people was dispelled amongst scholars in the 1920s, after the anthropologist HD Skinner visited the Chathams and proved that Moriori were a Polynesian people who had the same background as Maori but had developed a unique culture on the Chathams during centuries of isolation. But the myth persisted in popular imagination, and was reinforced by an article in an issue of the New Zealand School Journal that was used as a resource by teachers for decades.

Since the 1980s Moriori have been agitating for their history to be presented realistically in schools, and in 2011 the Ministry of Education announced that it was changing the treatment of Moriori in school curricula.

Mackenzie Smith wants to know whether much progress has been made in the presentation of Moriori history in our schools. Are teachers getting it right? Is the old myth clinging on in places? Is the subject even being discussed? Send your answers to Smith at mackerz.smith@gmail.com

3 Comments:

Blogger Richard said...

It's a pity that got into the School Journal, which had some good stuff in it over the years.* I hear that argument occasionally. Undoubtedly the right wing use it.



*But I don't recall reading it at school.

11:18 pm  
Blogger IBU SARTIKA said...

Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Mbah Rawa Gumpala dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Mbah Rawa Gumpala bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 085-316-106-111 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Mbah dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Mbah untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah disini šŸ˜ƒPesugihan Putih Tanpa TumbalšŸ˜ƒ

10:21 am  
Blogger PAK SULAIMAN DI SIDOARJO said...

assalamualaikum wr.wb pertama tama saya panjakkan syukur kepada allah yang telah memberikan rahmat atau reskinya kepada saya dan mempertemukan saya juga dengan AKI RAHMAN dan melalui bantuan pesugihan beliau aku mendapatkan uang sebesar 20m,uang ini aku manfaatkan untuk menyumbankan sebagian dan juga pergunakan untuk membuka usaha karna sudah banyak para normal yang saya hubungi dan saya datangi tidak ada yang pernah membuahkan hasil dan mereka hanya menghabiskan uangku saja, jangan mudah percaya begituh saja sama para normal lainnya karna omongannya saja yang manis tidak ada buktinya dan yang bisa dipercaya cuma AKI RAHMAN saja karna beliau sudah banyak membantuh orang terutama saya dan ternyata masih ada orang yang jujur dan bisa dipercaya, yaa allah lindungilah orang jujur yang seperti ini karna aku juga tidak pernah menyanka kalau saya mendapatkan uang sebesar ini dan aku hampir putus asa karna uang saya habis ditipuh paranormal dan secara tidak sengaja saya menemukan postingan orang di internet tentan AKI RAHMAN dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya kalau saya benar benar yakin dan serius dengan pesugihan putihnya dan alhamdulillah berhasil akhirnya saya juga ingin berniat atau mempostin pesan sinkat ini supaya semua orang tau kalau masih ada orang yang jujur dan bisa dipercaya yaituh AKI RAHMAN dan bagi anda yang ingin dibantuh silahkan hubungi 085-260-482-111 mohon maaf kalau postingan pesan saya ini menggangguh anda dan apa yang saya tulis ini adalah unkapan kisah nyata dari saya PAK SULAIMAN kunjungi alamat web disini šŸ˜ƒPesugihan Putih Tanpa TumbalšŸ˜ƒ

11:37 am  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home